Senin, 18 April 2011

Nilai - Nilai Budaya yang Terlupakan Berkaitan dengan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Diera saat ini anak muda sendiri lebih memilih terus mengupdate teknologi-teknologi baru Misal lebih memilih membeli Handphone terbaru, laptop terbaru, atau bersaing di situs-situs jejaring sosial, dll , memang kita harus terbuka dengan tekhnolgi , tetapi kita juga jangan melupakan salah satu kebudayaan besar Indonesia ini. Kita harus tetap melestarikannya.

Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. (Menurut Edison A. Jamli dkk.Kewarganegaraan.2005)

Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya.Misalnya permainan dakon yang telah mengajari orang untuk menabung dan berlaku jujur, secara implisit terkandung makna seperti peribahasa “rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”.
“Permainan dakon mengandung pesan bahwa berlaku hemat sangat penting dalam kehidupan dan memotivasi anak-anak untuk menemukan strategi untuk menabung sebanyak-banyaknya. Kearifan lokal yang terdapat dalam permainan dakon sungguh tidak bisa diremehkan dalam membentuk kepribadian anak,” tutur penulis novel “Perjalanan Hati Seorang Lelaki".


Saat ini anak-anak cenderung ke arah kosmopolitanisme, dan meninggalkan permainan tradisional yang sebenarnya berakar pada nilai dan watak kemandirian,”.
Beberapa bentuk permainan tradisional diyakini mengandung nilai-nilai luhur yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memperkokoh jati diri dan identitas bangsa.

Masyarakat di Indonesia harus mencintai pusaka budaya seperti permainan tradisional anak-anak Nusantara. Jika bangsa Indonesia tidak mencintai budaya sendiri sejak dini, siapa lagi yang bisa melestarikan warisan nenek moyang yang kaya akan nilai-nilai luhur jati diri bangsa.


Referensi : http://partytaufiq.blogspot.com/2011/04/nilai-nilai-budaya-yang-terlupakan.html
                 http://cahayaedukasi.com/archives/11

1 komentar:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    Plus, getting it running is as simple as 1...2...3!

    Follow the steps below to make money...

    STEP 1. Input into the system which affiliate products the system will push
    STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate products system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    So, do you want to start making profits???

    Click here to start running the system

    BalasHapus